KELAPA HUTAN MAKANAN KHAS PEGUNUNGAN TENGAH WAMENA.

by : Yampres Yando

Ternate~kelapa hutan merupakan salah satu makanan khas masyarakat pegunungan tenagh papua, khususnya wilayah wamena. Terdiri dari beberapa kabupaten diantaranya Kab. Yahukimo,Kab. Pegunungan Bintang, Kab. Tolikara, Kab. Lani Jaya, Kab. Puncak jaya, kab. Nduga, Kab. Mamberamo Tengah dan masih banyak kabupaten lain yang berada di provinsi Papua.

Buah kelapa hutan yang sangat terkenal di daerah pegunungan Papua yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan “buah Panda”. Sedangkan dalam bahasa suku Dani dan Suku Lani disebut “Tuke bahas Lani dan Woromo bahasa wamena atau Dani”. Meski buah ini belum dibisniskan dalam skala besar, namun tak jarang masyarakat menjadikannya sumber ekonomi dengan menjualnya kepada orang yang membutuhkan. Penyebab tidak dijual skala besar karena buah ini musimnya terbatas. Dalam setahun hanya sekali berbuah, biasanya pada pertengahan tahun antara Juni dan Juli, pas pada saat musim hujan.

Buah kelapa hutan terdiri atas 4 bagin yaitu :

  1. Kelapa hutan yang tidak bisa di gigit dengan gigi, tetapi buahnya di bakar dengan api yang sangat besar lalu dibuka menggunakan batu, kemudian isinya dimakan. Kelapa hutan ini bisa digunakan dari akar sampai daun. Buahnya untuk dimaka, dan batangnya digunakan sebagai tempat pengalas tempat tidur seperti karpet, dan akarnya digunakan sebagai gate-gate untuk dijadikan sebagai mengambil batu pada saat membakar batu untuk memasak makanan.

Kelapa hutan yang tidak bisa di gigit dengan gigi, tetapi bisa menggunakan dengan batu.

  • Kelapa hutan  yang hidup dihutan yang paling dingin, atau didaerah pelantara, tidak bisa ditanam oleh manusia, tetapi ia tumbuh sendiri berbuah pada saat musiman.untuk mengenali secara detil bisa baca link dibawah ini :

Kelapa yang tumbuh sendiri tanpa campur tangan manusia, setelah berbuah dihutan.

Buah pandan atau buah kelapa hutan setelah potong dari atas pohon kelapa, foto lain buah kelapa hutan sudah dibersihkan bagian luar dan dalamnya.

Untuk proses pengambilan buah dan proses kemasan buah pandan nomor 2 dan nomor 3 sama tidak beda.

  • Kelapa hutan yang ketiga dan keempat, bertanamnya hampir sama yaitu bisa ditanam oleh manusia maupun bisa tumbuh sendiri dihutan. Kedua buah ini diperlukan untuk dijaga atau dibersihkan bagian areanya agar kuskus pohon tidak dimakan.

Untuk makan buah ini, kedua buah bersifat beda, karena buah yang tumbuh sendiri tanpa perawatan manusia di hutan agak keras jika digigit, tetapi kedua buah yang ditanam oleh manusia itu tidak terlalu keras, tetapi halus.

Tahapan proses pengolahan buah.

Buah kelapa hutan diambil di hutan dan dipotong lalu membersihkan bagian luar dan bagian dalam, kemudian bawah kerumah dan bakar langsung di api yang sangat besar nyalanya. Selain dibakar buah pandan juga biasa disimpan diatas ungku api, untuk mengeringkan. Buah yang dikeringkan lebih iringan daripada yang mentah, buah yang keringkan diatas ungku api dapat disimpan sampai 2-3 bulan.

Sedangkan buah pandan yang mentah tidak bisa simpan dalam jangka waktu yang lama dalam 1 minggu, apalagi disimpan dalam waktu yang lama seperti sebulan sangat susah karena mudah busuk pada isi di dalam.

Buah kelapa hutan atau buah pandan yang mentah setelah di bakar diatas api dan siap  dimakan.gambar lain buah pandan yang sudah masak atau matang jatuh sendiri dari pohonnya,kelihatannya ada duri tajam bagian luarnya.

Hasil buah pandan yang sudah dibuka kulit.

Semoga bermanfaat

Posted by : Admin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Memulai
%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close